Candi Borobudur

Wisata ke Candi Borobudur, Wisata Honeymoon Jogja Terbaik

Wisata Candi Borobudur merupakan wisata sejarah. Hal ini karena Candi Borobudur merupakan salah satu keajaiban dunia yang menjadi kebanggan Indonesia. Bahkan, UNESCO menyebut bahwa monumen dan kompleks stupa terbesar di dunia yang banyak dikunjungi oleh para peziarah agama Buddhisme di abad ke 9-11. Selain itu, dinding Candi Borobudur dipenuhi ahatan sebanyak 2672 anel relief.

Relief yang terpahat di dinding terbai menjadi 4 kisah yakni Karmawibangga, Jataka dan Awadana, Lalita Wistara dan Gandawyuda. Relief-relief ini mencatat perkembangan masyarakat Jawa serta perjalanan hidup Buddha Gautama. Salah satu relief di Candi Borobudur yang berupa kapal bahkan dijadikan model dalam pembuatan replika kapal yang digunakan mengarungi The Cinamon Route dari Jawa ke Afrika.

Menurut prasasti Kayumwungun pada tanggal 26 Mei 824, Candi Borobudur ini dibangun oleh Raja Samaratungga sekitar abad 8-9 M. Pembangunan candi ini dilakukan leh seorang arsitek bernama Gunadharma selama 75 tahun. Candi ini merupakan bukti kuat bahwa peradaban Jawa telah berkembang dengan kuat.

Datanglah ke Candi Borobudur, Anda akan ditawari kemegahan bangunannya. Anda juga bisa louh menikmati sunrise dan sunsite dari sini, terlebih di pagi hari ketika cahaya mentari pagi menerpa stupa dan arca. Ketika itu, Anda akan terbawa ketakjuban akan kemegahan candi.

Harga Tiket Masuk Candi Borobudur

Candi Borobudur

Candi Borobudur

Untuk bisa menikmati salah satu keajaiban dunia, harga yang dibebankan ke pengunjung termasuk murah louh guys. Namun harganya cukup bervariasi.

Untuk wisatawan domestik dibebankan Rp 30,000 khusus dewasa dan Rp 12.500 untuk anak-anak. sementara untuk wisatawan asing, sekitar USD 20 dewasa dan USD 0 untk anak-anak. Harga kembali berubah jika datang dengan rombongan wisata sekolah yakni diskon sebanyak 10% dengan minimal jumlah 30 anak.

Wisata Candi Borobudur bisa dimulai ukul 06.00pagi hingga 17.00 WIB.

Aktivitas di Candi Borobudur

Candi ini memiliki stupa terbesar yang berada di tengah-tengah candi dengan dikelilingi oleh 72 stupa. Anda bisa datang dan mencoba untuk mengelilingi stupa hingga ke puncak. Atau bisa menggunakan sepeda atau gajah yang dsediakan pengelola. Sementara untuk anak-anak tersedia kereta kelinci di pelataran candi. Yang lebih penting, di Candi Borobudur, Anda akan menjumpai banyak sot-sot terbaik untuk berswafoto.

Rute Menuju Candi Borobudur

Candi Borobudur berada di dekat beberapa kota besar seperti Solo, Jogja,dan semarang karenanya ada beberapa tawaran rute yang bisa ditempuh untuk bisa sampai ke Candi Borobudur.

Kendaraan Pribadi

Menggunakan kendaraan pribadi tentulah lebih menyenangkan daripada menggunakan kendaraan umum karena bisa melewati jalur manapun untuk sampai ke kota terdekat Magelang. Jika Anda telah sampai di kota ini, Anda tidak perlu khawatir karena di sepanjang jalan banyak papan penunjuk arah, tinggal mengikutinya saja.

Kendaran Umum

Menggunakan kendaraan uum sebenarnya lebih merepotkan karena posisi Candi Borobudur sedikit sulit untuk dijangkau kendaraan umum. Jika Anda datang dari arah utara, Semarang Anda bisa menggunakan bus dan turun di terminal Kota Magelang. Selanjutnya menggunakan bus angkutan kota.

Jika Anda datang dari Yogya, anda bisa turun di terminal Kota Muntilan dan menggunakan bus angkutan kota arah Candi Borobudur. Dan dari kota Solo, Anda bisa menggunakan jalur selatan kota Yogya atau jalur utara Salatiga.

Dari jalur utara, Anda bisa menggunakan bus umum jurusan Solo-Semarang, melewati Salatiga dan sampai ke Bawen. Dari sini dilanjutkan dengan menggunakan bus umum jurusan Semarang-Yogya dan turun di Kota Magelang. Setelahnya, bisa melanjutkan dengan bus kecil atau ojek online. Selamat menikmati Wisata candi Borobudur.