Candi Ratu Boko

Candi Prambanan dan Ratu Boko

Candi Prambanan dan Ratu Boko merupakan dua destinasi wisata favorit yang letanya berdekatan. Candi Prambanan sendiri merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun di ertengahan abad ke-9 oleh Raja Wangsa Sanjaya. Hal tersebut berdasarkan pada isi dari prasasti Syiwagrha beragka tahun 78 Saka (856 M) yang ditulis oleh Rakai Pikatan.

Dilihat dari denah, Candi Prambanan memiliki bentuk persegi panjang yang terdiri dari halaman luar atau tiga pelataran yakni Jaba (peataran luar), Tengahan (tengah) dan Njero (pelataran daam). Candi Prambanan terkenal dengan kisah Roro Jonggrang yang hingga sat ini masih menjadi cerita rakyat Indonesia yang diceritakan secara turun temuun.

Di kompleks Prambanan, terdapat Candi terbesar yani Candi Syiwa dengan berbagai pahatan yang letaknya berselang-seling.Selain itu, terdapat juga Candi Nandi yang tangga masuknya berhadapan langsung dengan Candi Syiwa. Di sekitarnya lagi terdapat berbagai candi dengan nama masing-masing seperti Candi garuda dan Candi Angsa, Candi Apit, dan Candi Penjaga.

Selain Candi Prambanan, terdapat Keraton Ratu Boko yang letaknya tidak jauh dari Candi Prambanan. Berbeda dengan Prambanan, Ratu Boko ini merupakan sebuah komplek istana yang terdiri dari berbagai bangunan. Tempat ini terkenal sebagai tempat yang asyik untuk menikmati senja karena lokasinya yang berada di perbukitan.

Aktivitas di Candi Prambanan dan Ratu Boko

Candi Prambanan

Candi Prambanan

Berkunjung di dua destinasi ini sama halnya dengan wisata sejarah. Di lokasi ini juga sudah disediakan ragam fasilitas yang memudahkan pengunjung untuk kembali membaca sejarah. Fasilitas-fasilitas lainnya sangat rapi dan tertata secara profesional.

Khusus di Candi Prambanan, pengunjung bisa menikmati Sendra Tari Ramayana yang digelar di tanggal-tanggal tertentu. Dan tentunya, baik Candi Prambanan maupun Ratu Boko semakin berbenah dan menyediakan fasilitas. Jika Anda datang kesini, jangan lupa untuk mengabadikan kenangan Anda karena kedua lokasi ini sangat bagus untuk dijadikan background foto, apalagi berlatar belakang sunset di Candi Boko.

Tiket Masuk Candi Prambana dan Ratu Boko

Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko

Untuk bisa masuk ke lokasi Candi Prambanan, Anda cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 30,000 untuk dewasa dan Rp 12,500 untuk anak-anak. Sementara untuk wisata asing dikenakan biaya $18 untuk dewasa dan $9 untuk anak-anak.

Sementara itu untuk bisa berkunjung ke Ratu Boko, orang dewasa dikenakan biaya sebesar Rp 25,000 dan Rp 10,000 untuk anak-anak. Berbeda dengan wisatawa asing yang dikenakanbiaya masuk sebesar 13 USD. Untuk parkir mobilnya Rp 10,000 dan bus Rp 15,000.

Namun yang perlu diketahui, pihak engelola Ratu Boko menyediakandua golongan tiket yakni reguler Rp 25,000 untuk jam kunjung pagi sampai jam 15,00 dan tiket sunset Rp 100,000.  Jika anda hendak berkunjung ke Candi Prambanan dan Ratu Boko, sebaiknya di pagi hari atau sore hari. Hal ini dikarenakan kondisi di siang hari sangat terik.

Rute Menuju Candi Prambanan dan Ratu Boko

Banyak cara yang bisa ditempuh untuk bisa sampai ke dua lokasi wisata ini. Jika Anda menggunakan mobil prbadi tentu sangat mudah mencari lokasinya apalagi keduanya saling berdekatan. Jika masih bingung, ada google map dn ragam aplikasi lainnya yang bisa digunakan untuk membantu.

Jika Anda datang dari jauh, bisa tiba di Stasiun Lempuyangan atau Stasiun Tugu dan melanjutkan dengan Trans Jogjakarta dengan harga Rp 3500 sampai tujuan. Hal  yangsaa juga berlaku jika Anda datang dengan menggunakan bus, turun di Terminal Giwangan atau Janti, dan melanjutkan dengan Trans Jogjakarta. Atau jika Anda ingin segera sampai, Anda bisa memanfaatkan keberadaan transportasi online. Berkunjung ke Candi Prambanan dan Ratu Boko tak seribet yang Anda bayangkan kok.