Kali Biru

Akses Menuju dan Harga Tiket Wisata Kalibiru Kulon Progo

Wisata Kalibiru Kulon Progo merupakan salah satu wisata terpopuler di Yogyakarta. Dengan adanya Gardu Pandang, membuat pengunjung bisa menikmati pemandangan menjadi semakin cantik. Hal ini dimungkinkan karena lokasi ini berada di ketinggian sekitar 450 meter di atas permuaan laut.

Wisata Kalibiru menjadi salah satu destinasi wisata hits di Yogya yang disukai oleh berbagai usia. Dari puncak gardu pandang, Anda akan melihat pemandangan cantik seperti perbukitan manoreh, dan debur ombak pantai Selatan dari jauh. Tak hanya itu, Anda juga akan dimanjakan dengan pemandangan daratan yang menghampar luas.

Aktivitas di Kalibiru

Berbagai fasilitas tersedia untuk kenyamanan para wisatawan seperti homestay, outbond, camping ground, pendopo,toilet, area parkir hinga tempat makan. Bahkan warung-warung makanan yang ada telah didesain agar nampak instagrammable.

Fasilitas lainnya yang paling disukai di Wisata Kalibiru Kulonprogo yakni gardu pandang. Di titik ini pengunjung bisa menyaksikan keindahan alam dengan waduk sermo sebagai spot utama.

Kali Biru

Kali Biru

Datanglah dipagi hari, selain karena udara masih segar-segarnya, spot Waduk Sermo juga sedang cantik-cantiknya dengan kabut tipis yang menyelimuti. Atau sore hari ketika senja tenggelam. Namun untuk bisa menggunakan gardu pandang ada biaya tambahan yakni Rp 10,000.

Selain itu, ada fasilitas Flying fox yang bisa Anda coba. Fying Fox di sini tersedia dengan dua pilihan yakni 50 meter dan 85 meter, lumayan untuk uji nyali. Untuk bisa menikmati fasilitas ini juga ada biaya tambahan yakni Rp 10,000 dan Rp 5000 untuk anak-anak.

Jika masih belum puas, ada rute yang bisa digunakan untuk trekking dengan berbagai pilihan alternatif. Ada rute dengan jarak 1,5 kilometer 3 kilometer, 5kilometer, dan juga 7 kilometer.

Selain karena daya tariknya, tempat wisata ini banyak dikunjungi karena cukup terjangkau oleh kendaraan. Meskipun sedikit naik turun dan banyak belokan. Fasilitas lainnya tersedia dengancukup baik seperti tempat menginap, tempat pertemuan, masjid, toilet dan lain-lain.

Dan yang perlu diketahui, pembangunan dan perawatan lokasi wisata ini dikelola oleh masyarakat sekitar secara bersamaan. Sehingga, perekonomian secara langsung akan menjadi milik mayaraat sekitar bukan milik perusahaan-perusahaan besar.

Rute Menuju Wisata Alam Kalibiru

Jika Anda datang dari arah kota, Anda tinggal menuju ke Wates di sebelah barat menuju Waduk Sermo. Selain melalui jalur ini, ada banyak rute yang bisa dilalui namun rute ini paling disukai karena sekaligus menyaksikan keindahan Waduk Sermo. Waktu tempuh dari pusat kota Yogyakarta ke lokasi sektar 1-1,5 jam denganjarak tempuh 39 km.

Harga Tiket Masuk di Wisata Kalibiru Yogya

Tersedia homestay dengan kapasitas 10-15 orang bagi yang ingin menikmati suasa Kalibiru sepuasnya, menikmati sunrise sekaligus sunset. Di wisata ini tersedia 6 homestay dengan harga minimum Rp 120,000 permalam. Atau Anda juga bisa menggunakan alternative lainnya untuk menginap seperti cottege dengan harga yang sama Rp 120-50 ribu permalam.

Jika ingin menikmati suasana pendopo, harga permalamnya yakni Rp 150,000. Banyaknya pilihan yang tersedia membuat pengunjung mudah menentukan pilihan. sementara itu untuk harga tiket masuk tiap orang dipatok dengan harga Rp 5000 saja, dan parkir Rp 200 untuk mtor dan Rp 5000 untuk mobil.

Tips Berlibur di Kalibiru

Sebelum berlibur, pastikan semua barang yang dibutuhkan tersedia. Jika Anda datang dengan motor, sebaiknya dicek dulu dan pastikan motor fit untuk naik gunung. Karena perjalanannya tidak semulus jalan di kota-kota dan sedikit naik turun dan belokan. Terutama, pastikan remnya bagus.

Selain itu, datang di pagi atau sore har untuk mengindari cuaca terik. Selain itu Wisata Kalibiru Kulonprogo di pagi dan sore hari menawarkan spot terbaik untu berswafoto.